Ini Tipe Rekan Bisnis Yang Merugikan!

edward chang
edward chang

Edward Chang – Memilih rekan bisnis sama sulitnya seperti memilih pasangan hidup, salah memilih rekan bisnis maka bisnis tersebut lah yang menjadi taruhan. Untuk membuat bisnis tetap sukses dan berjalan sebagaimana mestinya, maka Anda tak hanya harus mengenali diri sendiri dan bisnis itu saja tetapi juga harus mengenali rekan bisnis Anda.

Untuk mengenali apakah rekan bisnis Anda apakah rekan bisnis Anda termasuk tipe yang merugikan, berikut tipe rekan bisnis yang merugikan menurut Edward Chang.

  1. Sulit Diajak Komunikasi

Ketika Anda memiliki mitra bisnis yang sulit untuk dihubungi maka sudah berarti rekan tersebut tidak bagus untuk keberlangsungan bisnis. Jika untuk komunikasi biasa saja sulit, maka untuk kebutuhan urgent pun mereka tak akan sigap dan justru mengulur-ulur waktu. Edward Chang mengatakan bahwa rekan bisnis yang baik adalah rekan bisnis yang selalu tanggap akan segala situasi, yang meluangkan segala waktunya demi kesuksesan bisnis bersama.

  1. Egois

Rekan bisnis bisa dikatakan egois apabila mereka hanya fokus pada tujuan mereka semata. Nyatanya bisnis dengan partner adalah demi kepentingan dan kesuksesan bersama. Ketika Anda dan rekan bisnis Anda sama-sama sibuk dengan urusan masing-masing dan fokus dengan pekerjaan sendiri tanpa adanya kerjasama maka bisnis akan stuck. Hentikan segera kerjasama dengan rekan bisnis yang hanya mencari keuntungan semata dan tak mau begitu berusaha.

  1. Terlalu Banyak Alasan

Ketika rekan bisnis Anda sulit untuk diajak meeting dan selalu punya alasan ketika diajak diskusi untuk mengatasi permasalahan, maka segera sudahi kerjasama tersebut. Membangun bisnis seharusnya tidak main-main dan fokus sepenuhnya, jika rekan bisnis Anda selalu ada cara untuk menghindari diskusi penting itu artinya Anda sedang dimanfaatkan. Terlalu banyak alasan disini juga bisa dikatakan apabila rekan bisnis terlalu banyak plan namun tak ada action, mereka hanya mengkritik dan berbicara banyak hal tanpa adanya solusi.

  1. Tidak Bertanggung Jawab

Anda dan rekan bisnis tentu memiliki tujuan yang sama, namun bagaimana jika rekan bisnis Anda tak punya rasa tanggung jawab? Tentu bisnis tersebut tak akan berjalan baik. Dalam sebuah bisnis diperlukan dedikasi tinggi dan melakukan inovasi baru terus menerus, Edward Chang berkata jika rekan Anda tidak bertanggung jawab dan tidak ikut berkontribusi lalu apa bedanya dengan Anda bekerja sendiri?

  1. Tidak Punya Standar Moral

Sulit memang untuk mencari rekan bisnis yang tepat lebih-lebih jika rekan bisnis Anda tidak memiliki solusi dan membuat Anda stuck di zona aman. Carilah orang yang benar-benar paham etika berbisnis, rekan bisnis harus cerdas dan punya banyak solusi. Ketika suatu saat bisnis menghadapi kendala, maka kalian bisa mengantisipasinya bersama. Carilah rekan bisnis dimana ketika bekerja sama segalanya menjadi seimbang, sehingga ketika sedang down kalian bisa memotivasi satu sama lain.

 

Demikian tipe rekan bisnis yang merugikan menurut Edward Chang, sebelum Anda memulai bisnis sebaiknya ketahui terlebih dahulu karakter calon partner tersebut. Salah memilih rekan bisnis sama saja dengan mempertaruhkan masa depan, jika bisnis Anda ingin sukses tentu rekan bisnis yang akan diajak kerjasama harus berkompeten dan memiliki tujuan yang sama. Semoga bermanfaat

Leave a comment