Pereda Nyeri Haid – Makanan Dan Minuman Untuk Meredakan Nyeri Haid

Pereda Nyeri Haid – Memasuki siklus haid, terkadang memang menyakitkan bagi para wanita. Terlebih beberapa hari menjelang serta hari pertama haid seringkali membuat perut terasa kram dan juga hampir seluruh tubuh terasa nyeri hingga seringkali disertau demam.

Terkadang hari pertama sampai dengan hari ketiga haid seringkali merepotkan. Maka tidak jarang para wanita membutuhkan obat pereda nyeri haid, waktu istirahat yang cukup sampai dengan air hangat untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh nyeri.

Karena itulah, dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan beberapa tips pereda nyeri haid yang alami melalui makanan dan minuman yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Sayuran Hijau

Saat haid, wanita mengeluarkan banyak darah di hari pertama sampai dengan ketiga. Sehingga mereka membutuhkan nutrisi yang tersimpan, seperti zat bes, magnesium dan juga potasium.

Karena itulah kenapa disaat haid, wanita sering merasa lelah, pusing, gangguan pengeliahatan dan lainnya.

Maka dari itu, makan sayuran hijau baik untuk tubuh, seperti bayam yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah dan yoghurt di pagi hari. Cukup mudah biukan tips pereda nyeri haid yang satu ini?

  • Gandum

Selain sayuran hijau, gandum juga baik untuk dikonsumsi selama haid. Gandum mengandung nutrisi seperti magnesium yang mampu untuk mengurangi kram dan kandungan vitamin B serta vitain E yang bisa mengurangi rasa lemas juga memperbaiki mood.

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mencampurkannya bersamaan dengan sayuran hijau.

  • Cokelat

Terlebih cokelat hitam kaya akan kokoa. Cokelat hitam juga bisa membantu memperbaiki mood karena mengandung antioksidan serta serotonin, sehingga membuat perasaan menjadi bahagua.

Sering kali perempuan menjadi sensitif saat sedang haid, maka makan coklat sebagai dessert bisa menjadi pilihan Anda.

  • Yoghurt

Minuman pereda nyeri haid selanjutnya adalah yoghurt. Dengan mengkonsumsi yoghurt dua kali dalam sehari selama haid bisa menjadi probiotik yang baik.

Yoghurt juga kaya akan kasium maka sangat baik untuk dikonsumsi saat haid. Anda bisa mencapurkannya dengan buah dan membuatnya sebagai smooties.

  • Nanas

Buah dengan daging tebal brwarna kuning ini juga mampu menjadi minuman pereda nyeri haid, terutama kram perut.

Manfaat ini didapatkan dari enzim bromelain yang terdapat pada buah nanas, yang mana mampu untuk mengendurkan kejang otot rahim yang menjadi penyebab kram perut. Anda bisa mengkonsumsi nanas dalam bentuk selai roti ataupun dimakan langsung.

Itulah kelima makanan serta minuman yang dikenal dan dipercaya ampuh sebagai pereda nyeri haid. Kelimanya bisa Anda temukan dengan mudah di lingkungan sekitar, seperti di pasar tradisional ataupun di supermarket. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a comment