Tips Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Semakin canggih teknologi, semakin banyak pelaku usaha yang menggunakan pemasaran melalui media digital, seperti media sosial, Jasa Iklan Google jakarta, website, blog, dan masih banyak lagi. 

Menulis artikel dengan baik belumlah cukup untuk menjadi SEO friendly. Anda harus membuat artikel yang ramah pada sebuah mesin pencari. Dengan begitu, website Anda akan lebih mudah muncul di halaman pertama Google dan dibanjiri pengunjung. 

Artikel merupakan hal penting untuk satu jenis konten yang diperlukan jika Anda memiliki sebuah blog atau website. Anda perlu mempelajari bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly di blog dan website Anda. Mulai dari meriset kata kunci hingga promosi. 

Penasaran bagaimana membuat artikel SEO friendly? Nah, pada artikel ini kami akan membagikan beberapa tips untuk menulis artikel SEO friendly yang mengikuti algoritma Google dan menarik bagi pembaca.

Artikel SEO friendly

Artikel SEO friendly adalah artikel yang dibuat sesuai dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) sehingga artikel Anda akan muncul di halaman pertama sebuah mesin pencarian. Mesin pencari seperti Google akan merekomendasikan artikel yang SEO friendly kepada pengguna internet sesuai dengan kata kunci yang relevan.

How To Design An SEO Friendly Website-Techpostinweb

Beberapa Cara Membuat Artikel SEO Friendly

  1. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar artikel Anda SEO friendly adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat, yaitu kata volume pencarian yang besar, persaingannya kecil, dan sesuai dengan niche market Anda.

  1. Mengoptimalkan Judul Artikel

Heading atau judul artikel harus Anda perhatikan saat membuat artikel yang SEO friendly. Selain membuat judul yang menarik dan isi yang relevan, sebaiknya Anda menggunakan keyword pada judul Artikel. Perhatikan panjang pendek suatu artikel, karena akan berpengaruh pada algoritma mesin pencari. Usahakan judul artikel Anda berkisar antara 60-75 karakter, termasuk keyword yang ditargetkan.

  1. Memahami Intent Pengguna

Intent merupakan informasi yang diinginkan pengguna ketika mengetikkan keyword tertentu di Google. Saat menulis artikel SEO, Anda perlu memperhatikan intent karena search intent merupakan salah satu faktor penting dalam penilaian SEO.

  1. Pahami Struktur Artikel

Anda harus membuat struktur artikel dengan baik. Hal tersebut bertujuan untuk melancarkan proses menulis dengan memilih apa yang harus Anda sampaikan di artikel tersebut. Struktur artikel yang baik akan memudahkan pengguna memahami pesan dari artikel Anda. Umumnya, struktur artikel dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: Pembuka, Isi, dan Kesimpulan.

  1. Mengoptimalkan Gambar

Anda perlu mengoptimasi gambar sebagai salah satu cara untuk membuat artikel yang SEO friendly. Optimasi gambar memiliki tujuan untuk mempersingkat loading time pada sebuah website. Karena, website dengan loading time yang memakan waktu, bisa mendapatkan penilaian yang buruk dari Google dan peringkat website Anda akan menurun,

  1. Menggunakan Internal dan External Link

Internal Link merupakan tautan yang akan mengarahkan pengguna ke artikel lain di blog atau website Anda. Link tersebut dapat Anda masukkan di dalam artikel agar pengunjung website tertarik untuk membaca artikel yang lain. 

Sedangkan external link merupakan tautan yang merujuk ke halaman website lain. External link dapat Anda gunakan untuk meyakinkan pembaca. Misalnya, referensi dari media lain, link ke hasil penelitian, statistik, dan masih banyak lagi. 

Meski tidak memberikan dampak langsung bagi SEO, tetapi cara ini dapat Anda gunakan untuk saling bertukar artikel dengan website lain.

10 Best SEO-Friendly Alternatives to WordPress Websites

Nah, itu dia informasi terkait tips cara membuat artikel SEO friendly. Intinya, supaya artikel Anda SEO friendly, Anda harus mengikuti kaidah SEO Google dan memperhatikan kenyamanan pembaca. Mulai dari menyebarkan keyword, menerapkan teknik piramida terbalik, mengoptimasi gambar, dan masih banyak lagi.
Gunakanlah layanan Digital Marketing Depok agar website Anda cepat untuk diakses, aman, dan dapat diandalkan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut untuk membuat website Anda menjadi SEO friendly, Anda dapat menghubungi kami lebih lanjut di nomor 081294795042.

Leave a comment