Yuk Kenalan Apa saja Tugas Digital Marketer

Digital Marketing adalah strategi pemasaran menggunakan bantuan internet dengan memanfaatkan platform digital, seperti Website, Jasa Iklan Online Jakarta, dan Media sosial untuk mengenalkan suatu brand atau melakukan promosi sebuah produk atau jasa. 

The Mind Of A Digital Marketer [Infographic] - Visualistan

Meningkatnya penggunaan internet berpengaruh terhadap jual beli sebuah bisnis. Sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan media digital untuk memasarkan brand mereka kepada calon konsumen jangkauan yang lebih luas. 

Penerapan strategi digital marketing berdampak positif bagi sebuah pemasaran karena lebih cepat dan efektif. Menjadi seorang digital marketer haru mengerti berbagai tools digital marketing dan jenis media digital yang akan digunakan untuk mempromosikan brand kepada konsumen.

Tugas Digital Marketer

  1. Tentukan Buyer Persona

Buyer Persona adalah deskripsi target pelanggan yang didapatkan dari hasil riset yang Anda gunakan. Buyer Persona menggambarkan siapa pelanggan ideal Anda, mengetahui keputusan pembelian produk atau jasa yang Anda jual, dan lainnya. Dalam dunia marketing, Buyer Persona menjadi faktor pentong dalam menentukan strategi yang akan digunakan. Setiap menjalankan sebuah bisnis harus didasari dengan keinginan konsumen, agar bisnis yang Anda jalankan menjadi berkembang dan memiliki target pasar yang jelas. Jika tidak memiliki target pasar yang jelas, bisnis yang Anda jalankan akan sulit untuk mendapatkan konsumen.

  1. Mengidentifikasi Trend pada Segmen Pasar

Setelah Anda menentukan buyer persona, hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen, kesukaan konsumen, keputusan pembelian, hal apa yang mereka sukai, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk menentukan strategi pemasaran apa yang tepat untuk Anda gunakan.

  1. Menerapkan Teknik SEO

Dalam digital marketing, teknik SEO merupakan faktor utama yang membantu Anda mendapatkan banyak konsumen. Tugas digital marketer adalah memastikan konten yang sudah diunggah sudah SEO Friendly. Dengan menggunakan teknik SEO, Anda akan mudah mendapatkan pengunjung lewat mesin pencarian, karena konten yang sudah diunggah akan muncul dihalaman pertama mesin pencarian. Terdapat dua jenis SEO yang harus dikuasai oleh digital marketer, seperti skill SEO off page dan on page.Search Engine Marketing Specialist Interview Questions

  1. Menjalankan SEM

Selain SEO, SEM juga sangat berguna untuk menjalankan strategi marketing dengan bantuan iklan, seperti Google Ads. Dalam proses membuat iklan, seorang digital marketer harus memiliki skill copywriting agar konsumen dapat tertarik melihat iklan yang akan diluncurkan.

  1. Menguasai Copywriting

Keahlian dalam menulis kalimat untuk membuat suatu artikel yang mengedukasi target audience bukanlah hal yang mudah. Anda harus memilih bahasa yang tepat agar audience nyaman saat melihat artikel yang Anda buat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait penjelasan singkat apa itu digital marketing dan beberapa tugas yang dijalankan seorang digital marketer. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengetahui lebih dalam apa itu digital marketing dan apa saja tugas yang dijalankan oleh seorang digital marketer. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Digital Marketing Kalimantan, Anda dapat menghubungi kami lebih lanjut ke nomor 081294795042.

Leave a comment