Yuk Kepoin Strategi Pemasaran 4P Dalam Bisnis

Saat ini persaingan bisnis baik secara online maupun offline sangat ketat. Setiap pelaku usaha harus memiliki strategi pemasaran yang tepat, contohnya seperti strategi pemasaran 4P atau marketing mix. Walaupun pelaku usaha dapat dibantu dengan adanya digital marketing yang melakukan pemasaran secara online lewat media sosial, Jasa Google Online Jakarta, Website, dan sebagainya. Tetapi strategi 4P merupakan faktor terpenting dalam menunjang keberhasilan pemasaran produk dan diterima oleh pasar internasional. 

The 4 P's of Marketing + Marketing Mix Examples - SEOptimer

Memiliki strategi dalam berbisnis sangat diperlukan untuk mensukseskan bisnis yang dijalankan agar dapat memuaskan pelanggan yang telah membeli produk atau layanan tersebut. Sebagai seorang marketer, Anda perlu memberikan perhatian lebih pada keempat unsur marketing tersebut karena akan menentukan keberhasilan bisnis Anda.

Apa itu 4P atau Marketing Mix?

Strategi 4P sudah lama dikenal sejak tahun 1960-an. Strategi 4P merupakan faktor keberhasilan dalam melakukan pemasaran barang atau jasa. Istilah 4P merupakan gabungan antara Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Keempat hal tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Tujuan perusahaan menggunakan strategi 4P adalah untuk mengidentifikasi kepuasan dan keinginan konsumen, membuat pelanggan mengetahui bisnis Anda, dan mendapatkan laba dari penjualannya.

Variabel Strategi Marketing Mix atau 4P

Berikut ini adalah penjelasan dari keempat variabel dalam strategi pemasaran 4P

  1. Product (Produk)

Sebagai pelaku usaha, tentunya Anda harus menjual produk atau layanan yang dapat diterima oleh masyarakat. Mintalah saran dan kritik dari konsumen Anda, tampung semua kritik dan saran tersebut untuk menjadi pertimbangan dan perbaikan produk atau layanan yang Anda jual.

  1. Price (Harga)

Harga merupakan salah satu faktor penting dan hal sensitif dalam sebuah bisnis. Konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan harga jual yang Anda berikan dengan kompetitor. Tentukan harga dengan sebijak mungkin dan menggunakan hitungan harga pokok produk (HPP) + Keuntungan (margin) = harga jual. Agar Dapat bersaing dengan kompetitor.

  1. Place (Tempat)

Terlebih dahulu Anda harus menentukan bisnis yang Anda jalankan ingin menjual secara online atau offline. Kalau Anda ingin berjualan secara offline, maka pilihlah lokasi yang strategis agar dilalui oleh banyak orang. Sehingga calon konsumen dan konsumen Anda tertarik dan mudah untuk menemukan tempat jualan Anda.

  1. Promotion (Promosi)

Promosi merupakan salah satu faktor penting untuk mengenalkan produk atau layanan Anda kepada masyarakat. Dengan menggunakan strategi pemasaran marketing mix 4P yang baik, maka penjualan Anda dapat meningkat. Buatlah strategi yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Buat promosi semenarik mungkin agar konsumen kamu tertarik untuk membeli produk atau layanan yang kamu pasarkan.

Manfaat Marketing Mix atau 4P

  • Membantu memahami dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
  • Menghindari pengeluaran biaya yang tidak diperlukan
  • Membantu perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan pemasaran bisnis yang efektif
  • Membantu melakukan penawaran produk yang sukses
  • Membantu menjadi proaktif dalam menghadapi risiko bisnis
7 Jenis Agency yang Harus Kamu Ketahui

Itulah informasi singkat yang kami berikan terkait strategi Marketing Mix atau 4P dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika Anda merasa kesulitan saat menjalankan strategi tersebut, Anda dapat menggunakan Digital Agency Jakarta untuk mempermudah Anda memasarkan bisnis dan meningkatkan brand awareness, Anda dapat menghubungi 081294795042.

Leave a comment